Cari Blog Ini

Jumat, 24 Juni 2016

SOAL MSDM UAS 2015



1.      Sebutkan 4 faktor yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh pelatihan dan pengembangan?
Jawab  :
a.       Dukungan manajemen puncak
Agar program-program pelatihan dan pendari pegembangan berhasil dibutuhkan dukungan kepemimpinan dari para ekesekutif yang aktif mengambil baggian dalam pelatihan dan memberikan sumber-sumber daya yang dibutuhkan.
b.      Komitmen para spesialis dan generalis
Seluruh manajer harus berkomitmen untuk terlibat dalam proses pelatihan dan pengembangan
c.       Kemajuan teknologi
Teknologi berperan besar mengubah cara pengetahuan karyawan dalam mempengaruhi berjalannya fungsi-fungsi bisnis.
d.      Kompleksitas organisasi
Banyak organisasi telah berubah secara drastis sebagai akibat perampingan, inovasi teknologi dan permitaan pelanggan akan produk-produk dan jasa-jasa baru yang lebih baik. Para suprvisor dan karyawan yang bekerja dalam tim-tim yang mengarahkan diri sendiri ( self directed teams ) mengambil alih banyak beban kerja yang diwariskan tingkaat manajemen menengah yang telah dihapuskan.

2.      Sebutkan 4 ukuran untuk mengevaluasi pelatihan dan pengmbangan?
Jawab  :
a.       Opini peserta
b.      Tingkat pembelajaran
c.       Perubahan perilaku
d.      Pencapain tujuan

3.      Sebutkan teori motivasi oleh Abraham maslow mengklasifikasikan kebutuhan manusia menjadi 5 kategori?
Jawab  :
a.       Kebutuhan fisiologis
b.      Kebutuhan akan rasa aman
c.       Kebutuhan akan rasa dimiliki dan dicintai
d.      Kebutuhan akan pengakuan diri
e.       Kebutuhan akan aktualisasi diri

4.      Jelaskan pandangan Porter dan Lawler tentang motivasi?
Jawab  :
Porter dan Lawler menandakan bahwa motivasi dipengaruhi oleh harapan seseorang, jika harapannya tidak terpenuhi, orang tersebut dapat merasa diperlakukan tidak adil dan akibatnya menjadi tidak puas. Dengan demikian, intisari pandangan Porter dan Lawler tentang motivasi adalah persepsi yang artinya cara dadri seseorang memandang pekerjaan.

5.      Sebutkan 7 identifikasi penggunaan penilaian kinerja?
Jawab  :
a.       Perencanaan sumber daya manusia
b.      Perekrutan dan seleksi
c.       Pelatihan dan pengembangan
d.      Perencanaan dan pengembangan karir
e.       Program kompensasi
f.       Hubungan karyawan internal
g.      Penilaian potensi karyawan

6.      Sebutkan 5 kriteria penilaian kinerja seseorang yang paling umum?
Jawab  :
a.       Sifat
b.      Perilaku
c.       Kompetensi
d.      Pencapaian tujuan
e.       Potensi perbaikan

7.      Sebutkan 3 alat yang berguna dalam pemahaman diri atau evaluasi diri?
Jawab  :
a.       Neraca kekuatan dan kelemahan
b.      Survei suka dan tidak suka
c.       Menggunakan web

8.      Sebutkan 12 metode perencanaan pengembangan karir?
Jawab  :
a.       Manajer/employee self-service
b.      Diskusi dengan orang-orang yang berpengatahuan
c.       Material perusahaan
d.      Sistem penilaian kinerja
e.       Lokakarya
f.       Rencana pengembangan pribadi
g.      Mengembangkan segmen angkatan kerja yang unik
h.      Baby boomer
i.        Karyawan generasi X
j.        Karyawan pabrik baru
k.      Karyawan generasi Y
l.        Generasi I sebagai karyawan masa depan

9.      Apa yang dimaksud dengan kompensasi?
Jawab  :
Kompensasi adalah seluruh imbalan yang diterima atas hasil kerja karyawan tersebut pada organisasi/perusahaan tempat ia bekerja.

10.  Sebutkan 5 kompensasi yang baik akan memberi efek positif pada organisasi/perusahaan?
Jawab  :
a.       Mendapatkan karyawan berkualitas baik
b.      Memacu pekerja untuk bekerja lebih giat dan meraih prestasi gemilang
c.       Memikat pelamar kerja berkualitas dri lowongan kerja yang ada
d.      Mudah dalam pelaksanaan dalam administrasi maupun aspek hukumnya
e.       Memiliki keunggulan lebih dari pesaing/competitor

11.  Sebutkan 6 fungsi dari disiplin kerja?
Jawab  :
a.       Menata kehidupan bersama
b.      Membangun kepribadian
c.       Melatih kepribadian
d.      Pemaksaan
e.       Hukuman
f.       Menciptakan lingkungan kondusif

12.  Sebutkan 3 manfaat jika karyawan mempunyai disiplin?
Jawab  :
a.       Prestasi atau kompetisi lainnya
b.      Tumbuh penghargaan serupa dari orang lain pada dirinya
c.       Karyawan mampu melaksanakan tugas, karena ia memberikan penghargaan pada potensi dan kemampuan yang melekat pada dirinya

13.  Sebutkan 2 alasan mengapa organisasi dengan kelebihan tenaga kerja dengan melakukan perampingan?
Jawab  :
a.       Banyak organisasi tidak dapat bersaing lagi secara efektif denga pesaing dari luar dan domestic. Dengan struktur biaya yang tinggi dang angka produktifitas yang lebih rendah, banyak perusahaan menghadapi keungannya yang sulit dan tidak dapat menyesuaikan diri degan perubahan yang sangat cepat pada industri mereka.
b.      Merger pada banyak industri. Dampak umum yang paling banyak pada merger dan akusisi adalah kelebihan tenaga kerja pada saat perusahaan telah digabungkan. Karena kebanyakan kombinasi dilakukan dalam segi keungan maka menghilangkan tenaga kerja yang mempunyai tanggung jawab tumpang tindih adalah menjadi prioritas

14.  Sebutkan 3 alternatif atau strategi yang dapat digunakan pada saat perampingan?
Jawab  :
a.       Pengurangan ( attrition ) terjadi pada saat tenaga kerja yang berhenti dari kerja, meninggal atau pensiun tidak diganti dengan tenaga kerja lain
b.      Pensiun dini adalah suatu alat untuk meyakinkan lebih banyak tenaga kerja senior untuk meninggalkan organisasi lebih awal
c.       PHK ( pemutusan hubungan kerja ) muncul pada saat tenaga kerja ditetapkan untuk tidak hadir  tanpa dibayar. PHK merupakan strategi perampingan yang sesuai jiaka industri mengalami kemerosotan untuk sementara waktu.
15.  Jelaskan peran pemimpin mutu SDM?
Jawab  :
Peran pemimpin mutu SDM meliputi pembentukan meliputi : pembentukan suatu tim penjamin mutu, penyusun strategi dan kebijkan mutu, penerapanrluasan dan penyeb tujuan dan sasaran mutu, pegadaan dan pengalokasian sumberdaya, pengembangan pendidikan dan pelatihan, penetapan tim perbaikan mutu, pengkondisian perbaiakan mutu secara bersinambungan dan pemberian penghargaan atau pengakuan kepada karyawan yang bermutu atau kinerja yang sesuai dengan standar perusahaan.

16.  Apa yang dimaksud dari kalimat “ agar manajemen dapat diaplikasikan kedalam suatu organisasi yang efektif dan mudah dikontrol dibutuhkan kesungguhan untuk membangun kebiasaan yang produktif”?
Jawab  :
Artinya diperlukan peningkatan yang berkelanjutan atas pengetahuan yang diperoleh dari informasi , keterampilan yang diperoleh dari pengalaman dan keinginan yang sejalan dengan sikap dan perilaku untuk menyesuaikan dengan tuntutan perubahan. Kebiasaan yang produktif menjadikan pondasi yang selalu ditumbuh kembangkan sebagai usaha-usaha pengembangn sumber daya manusia agar ia selalu siap berdaptasi terhadap gelombang perubahan yang terus bergerak tanpa berakhhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar